Informasi

  • 10 November 2017 - Dengan Membaca Menjadi Karya Untuk Hidup Jadi lebih sejahtera Lihat
  • 10 November 2017 - Ayoo....Berkunjung ke Perpustakaan Lihat
  • 10 November 2017 - DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN DAERAH KABUPATEN TANGGAMUS Lihat
  • 10 November 2017 - Selamat Datang di Website kami Lihat

Perpustakaan Bina Aksara Pekon Banyu Urip Masuk 5 besar Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Propinsi

berita

Oleh Perpustakaan Tanggamus Dilihat 122

IMG_20180515_110323

By : Dian Fadhila

Sesuai amanat Undang – Undang Dasar 1945 bahwa “untuk membentuk suatu pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, dan mencerdaskan kehidupan bangsa…”. Upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dilaksanakan secara terus-menerus dan berkesinambungan. Amanat ini dipertegas oleh Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan bahwa dalam rangka meningkatkan kecerdasan kehidupan bangsa, perlu ditumbuhkan budaya gemar membaca melalui pengembangan dan pendayagunaan perpustakaan sebagai sumber informasi. Disini Pemerintah berkewajiban mengembangkan sistem nasional perpustakaan dan menjamin kelangsungan penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan sebagai pusat sumber belajar masyarakat dan menjamin ketersediaan layanan perpustakaan secara merata di tanah air.

Sehubungan dengan amanat diatas, Perpustakaan Nasional RI sebagai lembaga pemerintah non kementerian (LPNK) yang bertugas melaksanakan pemerintahan di bidang perpustakaan, sejak tahun 2007 menggulirkan dana dekonsentrasi untuk “Program Pengembangan Perpustakaan Umum Desa/Kelurahan” di wilayah Indonesia. Pelaksanaan program dilakukan melalui kerjasama dengan Pemerintah Daerah c.q Dinas Perpustakaan Daerah Provinsi yang ada di seluruh Indonesia. Pola ini sejalan dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri dan Otonomi Daerah No.3 Tahun 2001 tentang PerpustakaanDesa/Kelurahan.

Perpustakaan Provinsi selaku lembaga pembina di bidang perpustakaan, mengadakan “Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi. Lomba ini dimaksudkan untuk memacu kreatifitas para pengelola perpustakaan desa/kelurahan dalam meningkatkan mutu dan intensitas layanan perpustakaan bagi masyarakat pedesaan agar terwujudnya kesejajaran memperoleh informasi.

Menurut Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 pasal 22 ayat 1 bahwa Perpustakaan Umum diselenggarakan oleh Pemerintah, Pemerintah Propinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, Kecamatan, dan Desa, serta dapat diselenggarakan oleh masyarakat. Perpustakaan Desa/Kelurahan adalah perpustakaan yang diselenggarakan oleh pemerintah desa/kelurahan yang mempunyai tugas pokok melaksanakan misi, fungsi dan tugas pelayanan perpustakaan di wilayah desa/kelurahan serta mengembangkan pola layanan perpustakaan bagi masyarakat disekitarnya tanpa membedakan usia, ras, agama, dan satus sosial ekonomi. Perpustakaan Bina Aksara pekon Banyu Urip adalah jenis perpustakaan umum yang diselenggarakan oleh pekon banyu urip Kecamatan Wonosobo Kabupaten Tanggamus, Perpustakaan ini sudah berdiri sejak Tahun 2008, keberadaannya sangat memberikan manfaat bagi masyarakat pekon Banyu Urip dimana buku-buku bacaannya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar dalam pemenuhan sumber informasi. Kegiatan Perpustakaan Bina Aksara Pekon Banyu urip salah satunya ialah memberikan layanan sirkulasi bagi pemustakanya dimana rata-rata peminjamnya mencapai 44 orang setiap bulannya. Menurut Kepala Pekon Banyu Urip Bapak Supriyanto Pada Tahun 2017 Pekon Banyu Urip menganggarkan untuk pembangunan khusus Gedung Perpustakaan dengan luas Bangunan 56 M2, terdiri dari beberapa ruang yaitu ruang koleksi, ruang anak, dan ruang baca. Perpustakaan pekon Banyu urip memiliki koleksi buku bacaan sebanyak 1500 Judul dan 3000 Eksemplar buku yang berasal dari Hibah Perpustakaan Nasional pada tahun 2010 dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi Lampung pada Tahun 2016. Perpustakaan pekon banyu urip sudah sedikit banyak mengalami peningkatan setiap tahunnya dalam segi pengembangan sarana dan prasarana perpustakaan.  Perpustakaan pekon banyu urip juga memiliki mitra dalam kegiatan perpustakaan beberapa diantaranya ialah Pengrajin Makanan dan pembudidaya ikan lele, dimana peran Perpustakaan Pekon banyu urip  adalah memberikan fasilitas buku bacaan yang dapat memenuhi kebetuhan informasi masyarakat yang sesuai dengan mata pencaharian masyarakat pekon Banyu urip, sehingga dengan itu dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Atas dasar tersebut Perpustakaan Bina Aksara Pekon Banyu Urip terpilih mewakili Kabupaten Tanggamus dan masuk dalam 5 besar dalam Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Propinsi sehingga pada tanggal 15 Mei kemarin Tim Penilai dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi Lampung menyambangi dan memberikan penilaian terhadap Perpustakaan Bina Aksara Pekon Banyu Urip. Tim penilai terdiri dari Kasi Bidang Pembinaan dan pengembangan Sumberdaya perpustakaan Ibu Magdalena Rero, SE  serta Pustakawan yaitu ibu Liza Tri Handayani, S.Ikom.

Semoga dengan adanya Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Propinsi ini Perpustakaan Pekon Banyu urip dapat masuk dalam nominasi Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Nasional dan selalu berusaha untuk meningkatkan keragaman dan kualitas koleksi yang ada serta meningkatkan layanan kepada masyarakat